Rabu, 21 April 2010

HONGKONG

HONGKONG

Pergi jalan-jalan ke Hong Kong tidak harus menggunakan travel, tapi bisa pergi sendiri karena penunjuk arah di Hong Kong cukup mudah dan jelas untuk di lihat. Dari bandara kita bisa menggunakan kereta Express khusus Airport menuju ke tengah kota, kita dapat turun di stasiun Kwoolon atau stasiun Central. Tiket kereta Express dapat dibeli di loket bandara ataupun di dalam pesawat (jika menggunakan Cathay Pacific). Beli tiket di kereta Express di pesawat harganya lebih murah di bandingkan kita membelinya di Loket Kereta Express. Dengan menggunakan kereta Express lebih cepat tiba di tujuan dan lebih nyaman.
Dari stasiun Kwoolon atau stasiun Central kita dapat menggunakan shuttle bus yang ada khusus airport (free) menuju hotel tempat kita menginap.
Bila kita mempunyai anak kecil, tempat yang wajib dikunjungi di Hong Kong adalah Disneyland.

Disneyland Hong Kong
Cara menuju ke Hong Kong Disneyland bisa dengan menggunakan MTR yang menuju ke arah Tung Chung (Orange Line) turun di stasiun Sunny Bay, berganti dengan kereta khusus Disneyland. Kereta ini di design khusus dengan suasana Disneyland. Jendela kereta berbentuk kepala Mickey, kursi dibuat menyerupai sofa dan di setiap gerbong ada berbagai macam patung maskot Disney.
Sampai di stasiun Disneyland Resort kita disambut dengan suasana yang berbeda dengan stasiun lainnya. Begitu keluar dari Stasiun kita di sambut dengan gapura selamat datang di Disneyland Hong Kong.

Tiba di loket penjualan Tiket Disneyland, kita dapat membeli tiket masuk untuk Dewasa seharga HKD 350 dan untuk anak-anak seharga HKD 250 (utk weekend/high season).
Pada saat memasuki pintu masuk pemeriksaan karcis masuk, kita diminta untuk membuka tas dan tas diperiksa apabila kita membawa makanan. Untuk snack kecil ataupun coklat dalam jumlah sedikit, masih diperbolehkan dibawa masuk. Untuk membawa air minum (Aqua) sebaiknya menggunakan gelas tupperware atau botol Lock and Lock agar tidak kena pemeriksaan.
Untuk pengunjung dengan karcis sekali masuk, karcis di sobek dan satu sisinya dikembalikan ke kita. Sedangkan untuk orang2 yang menginap di Resort Disneyland mereka disuruh scan finger print, karena bagi orang2 yang mengambil paket menginap di Disneyland Resort, mereka bisa masuk arena Disneyland untuk 2 hari.
Setelah pintu masuk, sebaiknya kita mengambil peta Disneyland untuk melihat lokasi arena yang akan kita kunjungi. Begitu sampai di Pintu Utama kita dapat berfoto dengan maskot Mickey Minie, Donald Duck, dan Winnie the Pooh.

Disneyland Map
Untuk anak-anak, wahana yang sangat disarankan adalah wahana The Golden Mickey (show tarian sambil bernyanyi) tapi sebelumnya perhatikan dulu jam shownya karena antrian biasanya cukup lama dan panjang. Selain itu wahana It’s a small word (kayak istana boneka), Astro Blaster (tembak-tembakan dari kursi), Winnie The Pooh, Rumah Pohon Tarzan, The Jungle,4D Mickey.
Disneyland Hong Kong terbagi atas 4 area yaitu :
1. Adventureland
Di lokasi ini terdapat wahana : Festival of The lion King (Theater yang penuh musik dan tari dari animasi "The Lion King"), Raft to Tarzan's Treehouse, Tarzan's Treehouse, Jungle River Cruise dan Liki Tikis.
2. Main Street USA
Di lokasi ini terdapat : Hong Kong Disneyland Railroad, Main Street Vehicles, Animation Academi, Art of Animation, Pass Processing Center, City Hall
3. Fantasyland
Di lokasi ini terdapat : Sleeping Beauty Castle, Mickey's PhilharMagic, Dymbo the Flying Elephant, Cinderella Carousel, Fantasyland Train Station, Fantasy Garden, Mad Hatter Tea Cups, The Golden Mickeys, The Many Adventures of Winnie the Pooh, dan Snow White Grotto.
4. Tomorrowland
Di lokasi ini terdapat : Space Mountain, Stitch Encounter, Orbitron, UFO Zone, Autopia dan Buzz Lightyear Astro Blasters.
The Golden Mickey
-->

The Many Adventure Winnie The Pooh
Setiap sore jam tertentu ada parade mobil dan tokoh Disney yang melewati jalan utama di dalam taman. Lalu malam hari ada firework ala Disneyland di depan castle.
Banyak toko-toko souvernir di sekitar wahana bila kita ingin membeli oleh-oleh khas Disney, yang pasti harganya tidak murah. Tapi kalau anda beruntung di beberapa lokasi pihak Disney menawarkan kantong yang berisi beberapa souvenir khas Disney seharga HKD 100.00 (total isinya seharga lebih dari HKD 250.00) namun isi souvenirnya tidak bisa dipilih/dilihat.






Giant Buddha / Po Lin Monastery


Po Lin Monastery merupakan patung Buddha terbesar di atas bukit Lantau Island. Kita dapat menuju kesana dengan menggunakan MTR ke arah Thung Chung Station lalu menuju Exit B. Begitu keluar kita jalan sedikit ke arah stasiun bus. Dari sana kita bisa menuju Ngong Ping dengan menggunakan bus ataupun skyline.


Avenue of Star


Lokasinya di daerah Harbour, tidak jauh dari daerah Kowloon. Berada di belakang Sogo. Kita dapat melihat2 tanda tangan dan handprints dari artis2 terkenal/legenda yang diabadikan di sepanjang jalan di Harbour. Pada malam hari dari sepanjang jalan ini kita dapat melihat prmandangan Symphony of Light.

Ladies' Market / Mong Kok

Disini dijual berbagai macam barang di sepanjang jalan Tung Choi Street (lapak2 di sepanjang jalan seperti pasar kaget kalo di Jakarta). Disini harga yang di tawarkan juga gila2 dan kita juga nawarnya harus gila2. Kadangkala pedagang disana suka marah kalau kita tawar dengan harga yang menurut kita wajar (padahal mereka buka harga bisa sampai 4 atau 5 kali lipat dari harganya.....mendingan belanja di Mangdu deh...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar