Jumat, 15 Februari 2013

MEMEPERSIAPKAN PESTA ULANG TAHUN ANAK

MENYIAPKAN PESTA ULANG TAHUN ANAK

Kadang kala mendekati hari ulang tahun, Anak minta kepada orang tua untuk dirayakan ulang tahunnya. Ini saya alami belum lama ini untuk anak saya yang mulai remaja. Dia ingin mengundang teman-teman sekelasnya. Permintaannya sih simple, dia dan teman-teman sekelasnya nonton di mall. Namun karena saya bekerja dan kondisi cuaca yang juga tidak baik (hujan deras yang menyebabkan banjir di Jakarta). Selain itu masih ada keluarga yang akan datang juga, jadi saya tawarkan kepada anak untuk merayakan di rumah saja, kebetulan hari ulang tahunnya bertepatan dengan hari Sabtu, dan sekolah juga libur. Jika diadakan di rumah waktunya lebih fleksible, untuk keluarga yang tidak bisa datang pada saat acara, bisa datang kapan saja dan bagi keluarga yang sudah tua maupun yang memiliki bayi juga lebih nyaman.

Dalam menyiapkan pesta ulang tahun, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan , yaitu :
1.         Budget
Acara ulang tahun anak sebaiknya disesuaikan dengan budget kita. Tidak perlu memaksakan diri untuk membuat acara ulang tahun anak yang mewah namun membutuhkan budget yang cukup besar. Yang penting anak-anak merasa senang, betah dan berkesan.

2.         Berapa banyak jumlah undangan
Tentukan berapa banyak jumlah undangan yang akan kita undang (teman sekolah, guru, teman di lingkungan, dan juga keluarga). Setelah mengetahui berapa banyak jumlah undangannya baru kita bisa menyiapkan yang lainnya. Mintakan anak untuk menuliskan list nama teman-temannya yang akan di undang. Perkirakan juga orang-orang yang akan hadir diluar undangan (seperti orang tua, adik yang diundang, bahkan sampai suster).

3.         Lokasi/tempat diadakannya pesta ulang tahun
Setelah tahu jumlah anak-anak maupun keluarga yang akan di undangan, baru tentukan tempat. Tempat bisa di Rumah atau di sekolah atau di resto fastfood atau di gedung pertemuan maupun di halaman/taman. Untuk resto fastfood bisa di booking jauh-jauh hari agar bisa di cek ketersediaan tempatnya pada waktu yang kita ingini. Selain itu layanannya juga sdh termasuk dengan goodie bags, MC, Games, Undangan, hadiah bagi yang berulang tahun, paket makanan maupun dekorasi.

4.         Tema Ulang Tahun
Tentukan tema pesta ulang tahunnya, seperti : bertemakan Princess atau Bajak Laut. Setelah ada  temanya baru ditentukan perlu atau tidaknya dress code bagi undangan. Hal tersebut bisa dibantu dengan menyewa EO (Even Organizer) yang akan mempersiapkan ulang tahun anak, jika orang tua tidak mempunyai waktu yang cukup untuk menyiapkan pesta ulang tahun buah hati dan memiliki budget yang cukup besar.
Semuanya kembali lagi tergantung kepada kita orang tua yang menyelenggarakan perlu atau tidaknya tema seperti diatas.

5.         Undangan
Undangan ulang tahun bisa dibeli jadi atau dibuat sendiri. Jika beli jadi bisa dibeli di toko buku atau perlengkapan ulang tahun. Bila ingin membuat sendiri tergantung kreatifitas anak ataupun orang tua. Jangan lupa isi dari undangan jangan terlupakan :
a.       Kepada  (nama yang diundang)
b.      Hari / tanggal acara
c.       Jam acara
d.      Tempat (lokasi diadakannya acara)
e.      Dress code (jika diperlukan)
f.        Dari (nama pengundang/yang berulang tahun)

6.         Dekorasi ruangan
Hiaslah tempat akan dilangsungkannya pesta ulang tahun dengan semenarik mungkin. Bisa menggunakan Tema yang di tentukan sebelumnya untuk dekorasinya. Kalaupun dihias dengan sederhana, balon, kertas crep warna warni dan tulisan ulang tahun bisa dibuat semenarik mungkin.

7.         Kue ulang tahun
Siapkan kue ulang tahun, agar dipesan jauh-jauh hari apabila kue disesuaikan dengan tema ulang tahun. Biasanya minimal pemesanan 1 minggu sebelumnya jika menggunakan Icing Sugar. Untuk yang menggunakan hiasan butter paling tidak 2 hari sebelum acara di pesan. Kalau tidak ada waktu lagi untuk memesan bisa langsung membeli kue yang sudah jadi di toko kue / factory cake.


8.         Souvenir/goodie bags untuk undangan
Siapkan souvenir yang menarik dan bermanfaat bagi anak-anak. Souvenir bisa digabung dengan snack.


9.         Pembawa acara
Minta kepada pembawa acara agar membawa acara semenarik mungkin dan semeriah mungkin, sehingga anak-anak merasa senang dan semangat. Pilihlah orang yang memang dekat dengan anak-anak, biasanya mereka lebih luwes berinteraksi dengan anak-anak. Dan siapkan susunan acaranya.

10.     Games
Games/permainan sebaiknya disesuaikan dengan usia anak-anak yang akan diundang. Pilihlah beberapa permainan yang semenarik mungkin. Dan jangan lupa siapkan hadiah kecil untuk pemenangnya.

11.     Badut/ Karakter
Sewa badut/karakter jika diperlukan. Tapi biasanya badut/karakter ada untuk ulang tahun anak-anak balita. Untuk anak-anak yang menginjak dewasa sebaiknya tidak perlu.

12.     Dokumentasi
Jangan lupakan yang satu ini. Dokumentasi/foto sangat penting dalam hal ini karena akan menyimpan berbagai moment pada pesta ulang tahun kali ini. Yang memiliki handycam bisa mengabadikannya dalam bentuk video. Sebaiknya siapkan sehari sebelumnya, seperti charge baterainya. Selain itu Hp dengan Kamera juga bisa dimanfaatkan.

13.     Makanan untuk undangan
Siapkan makanan yang cukup untuk para undangan dan keluarga. Pilihlah menu-menu yang juga bisa dimakan oleh anak-anak.
Bisa disiapkan : jajanan pasar untuk tamu yang datang ngemil sebelum makan besar, snack di toples-toples , permen, soft drink, es buah, pudding, buah segar dan menu utamanya. Jangan lupa siapkan piring kertas/plastic maupun gelas plastik jika diperlukan. Begitu juga dengan Aqua gelas agar pada saat acara tidak terlalu repot.

1 komentar: