Sabtu, 03 Mei 2014

KULINER 1

Kali ini saya mau menulis tentang tempat-tempat makan yang menurut saya enak. Ide ini dari teman kuliah MM saya saat ini. Berhubung setiap jam istirahat siang biasanya kita suka nyari dan nyoba makanan yang di rerefensikan enak sama teman-teman.....hehehe....jadi jalan rame-rame dalam 1 mobillll....serruuuuu.... habis itu ngantuk dehh di dalam kelas.....hahaha...:)

Saya akan posting sedikit demi sedikit karena kesibukan dan terbatasnya waktu antara kerja dan kuliah. Dimulai dari Kuliner "Murah Meriah tapi Enak" ala pinggiran. Kelompok kuliner ini terdiri dari tua dan muda dengan kisaran umur 25 tahun sampai 70 tahun (udah sepuh yaaaa...tapi masih suka hunting makan enak lhooo....).

Makanan enak yang ada di Jakarta Timur :

1. Soto Ayam "Intirub"
Lokasinya ada di daerah Halim Perdana Kusuma, ke arah PGC (Pusat Grosir Cililitan) dan berada di jalan samping gedung Intirub Halim. 
Disini sambil makan Soto, ada juga sate kerang, sate hati ayam  (gak ada lho sate ampela) dan sate telur puyuh.

2. Sop Iga Bambu Kuning
Berada di pinggir Jalan Raya Hankam, di seberang Keong Mas TMII (Taman Mini Indonesia Indah). Lokasi pas di pinggir tol JORR, kalau dari arah cilangkap sebelum putaran balik masuk ke pintu tol bambu apus yang menuju Cikunir.

Buka dari Jam 07.00 pagi sampai Jam 08.00 malam setiap harinya. Hari Minggu juga buka (mungkin pas hari raya lebaran saja Liburnya).







Di warung ini cuma menyediakan menu :
1. Sop Iga , harga saat ini Rp. 23.000,-/porsi
2. Sop Dengkul, harga saat ini Rp. 30.000,-/porsi
3. Sop Buntut, saat ini sudah di coret dari menu

Andalan warung ini memang Sop Iganya yang empuk, tidak amis, kuah sop yang enak. Untuk menu porsi tersbut belum termasuk dengan nasi lho.... jadi nasi pesan tersendiri. Harga per piring nasi sekitar Rp. 3.000 - Rp.4.000 (aduhh maap suka gak perhatikan harganya....next deh kesana coba saya cek harganya lagi...).

Selain Sop ada juga sih menu lainnya apabila kita ingin menu tambahan atau utk yang tidak suka Sop, seperti :
1. Gabus Pucung
2. Pepes Ikan Mas
3. Pepes Peda
4. Ikan Goreng
5. Gorengan

Yang pasti gak nyesel dehhh....tempatnya memang gak terlalu besar, tapi kalau sudah jam makan siang pastinya ramai banget, parkir mobil di pinggir jalan juga penuh...


3. Bakso Gepeng Rawamangun
Lokasinya di depan Apotik Rini Rawamangun, pas di depan Supermarket Tip Top. Jualannya gerobak yang mangkal di depan Apotik. Setelah memesan kita bisa makannya di kursi-kursi panjang yang ada di depan apotik atau di tenda dekat gerobak. Selain di depan apotik, bakso gepeng ini juga ada warungnya di jalan dekat pasar Rawamangun. Rasa dan bumbu yang dipakai sama.....hehe... ya iya lahhh karena yang jualannya adalah adik kakak (sudah di konfirmasi lhooo).
Harga per porsinya sekitar Rp.15.000,-



Disamping gerobak bakso Gepeng ada doger yang rasanya yummy....harganya Rp. 7.000,- tapi dijamin rasanya mantepppp...


4. Soto Ayam Gudang Seng
Lokasinya berada di jalan raya kalimalang, kalau dari pertigaan Cawang-Halim menuju Kalimalang, lokasinya berada disebelah kiri jalan diantara tukang jualan buah-buahan.
Disini juga sedia sate ati ampela dan sate paru.


5. Gado-gado di Bawah pohon Beringin
Naahh yang ini kebetulan adanya di Komplek Angkasa Halim Perdana Kusuma, lokasinya tidak jauh dari pintu masuk Bandara Halim Perdana Kusuma. Kalau siang cukup ramai yang pesan selain orang kompleks yang beli maupun orang-orang yang ada di sekitar Halim. Yaaahhh rasanya lumayan enak sarat dengan bumbu kacangnya (alias bumbunya gak irit-irit).
Harga per Porsi sekitar Rp. 10.000,-

Selain gado-gado di bawah pohon beringin juga ada yang jual es Dawet yang dari hasil konfirmasi dengan yang jualannya dawet dibuat dengan air suji dan es yang digunakan dibuat sendiri dari air mateng, jadi makanan dan minuman yang dibawah pohon beringin ini terjamin kebersihannya. Karena kebersihan mereka diawasi oleh warga komplek yang merupakan petinggi di Angkatan Udara.....
Disini juga ada jualan ketoprak, nasi uduk dan nasi rames.

6. Ayam Bakar "Utan Kayu"

Warung ini jualannya seperti pecel lele... tapi tempatnya permanen. Lokasi berada di Jl. Utan Kayu, Jakarta Pusat (pas di depan masjid At-Taqwa. Menurut saya sendiri sih rasanya biasa saja... tapi teman-teman banyak yang bilang enak rasanya. 
Menunya : ada ayam bakarn ayam goreng, lele, tahu, tempe, bakmi.
Untuk harga sendiri lumayan murah sekitar Rp.15.000,-/porsi untuk ayam bakar/goreng sudah pakai tahu/tempe.


Makanan enak yang ada di Jakarta Utara :

1.  Sea Food Ayu
Makanan sea food tenda yang berada di Plaza Kelapa Gading Blok C (Ujung), atau tepatnya berada di parkiran paling ujung dari ruko di depan MOI (Mall of Indonesia). Masuk dari arah ke Balai Samudera, nanti sebelum jembatan Balai Samudera belok ke kanan...sampai ujung ruko. Nahhh...disana ada tenda panjang.... 
Seafood ini selalu ramai antrian, terutama hari Sabtu dan Minggu. Rasa masakannya enak dan harganya cocok di kantong.... passs dehhh... biasanya yang datang ke tempat ini dengan keluarga atau ramai-ramai dengan teman kantor.
Buka dari sore jam 5 hingga malam sekitar jam 11 an.




Menu yang ada :
1. Ikan (Bawal, Baronang, Kuwe, Gurame) : 
di Bakar, Goreng Kering, Goreng Saos Padang, Goreng Saos Tiram, Goreng Saos Asam Manis, Goreng Mentega.

2. Kepiting (Jantan / Telor ) :
di Rebus, Goreng Kering, Goreng Saos Padang, Goreng Saos Tiram, Goreng Saos Asam Manis, Goreng Mentega, Goreng Lada Hitam.

3. Udang :
di Bakar, Rebus, Goreng Tepung, Goreng Kering, Goreng Saos Padang, Goreng Saos Tiram, Goreng Saos Asam Manis, Goreng Mentega, Goreng Lada Hitam.

4. Cumi :
di Bakar, Goreng Tepung, Goreng Saos Padang, Goreng Saos Tiram, Goreng Saos Asam Manis, Goreng Mentega, Goreng Lada Hitam.

5. Kerang (Dara, Ijo) :
Kerang rebus, Kerang Saos Padang, Kerang Goreng Saos Tiram, Kerang Goreng Saos Asam Manis, Kerang Goreng Mentega, Kerang Goreng Lada Hitam.

6. Cah Kangkung

7. Cah Toge Ikan Teri

untuk harga sendiri saat ini :
1. Minuman Es Kelapa Jeruk harga Rp. 14.000,-
2. Nasi putih : Rp. 4.000,-/piring
3. Cah Kangkung : Rp. 10.000,-/porsi
4. Kerang Dara rebus : Rp. 12.000,-/porsi
5. Ikan kuwe bakar harga sekitar Rp. 30.000,- s/d Rp. 40.000,- per porsi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar