Jumat, 27 Desember 2013

Pulau Jeju

JALAN-JALAN KE KOREA SELATAN 1
PULAU JEJU

Akhir tahun 2013 rencana jalan-jalan ada beberapa tujuan pilihan, namun akhirnya dipilihlah tujuan ke Korea Selatan karena anak saya menyukai boy band dari Korea. Dari menentukan negara tujuan dan persiapan cukup mendadak karena menunggu ijin cuti keluar dulu. Persiapan sekitar 3 mingguan (dari cari tiket, hotel, pembuatan Visa dan tempat yang akan dikunjungi). Untuk pembuatan Visa sendiri tidak terlalu lama (sekitar 3 hari) asalkan persyaratan dokumennya sudah lengkap.

Pada bulan Desember 2013 jalan-jalan ke Korea Selatan, lebih tepatnya ke Pulau Jeju dan Seoul. Tetap jalan-jalan sendiri tanpa menggunakan jasa tour yang penting tiket pesawat dan hotel sudah disiapkan sebelumnya.

Dari Jakarta langsung menuju Pulau Jeju. Setelah menempuh perjalanan selama hampir 7 jam dengan menggunakan pesawat Garuda, kami tiba di bandara Incheon dan langsung mengejar waktu untuk naik pesawat domestik ke Pulau Jeju. Dari bandara Internasional Incheon kami harus pindah ke bandara domestik Gimpo dengan menggunakan subway dengan waktu sekitar 28 menit. Selain naik Subway bisa juga menggunakan Bus / Airport Limousin (di  Jakarta  : Damri) yang rutenya melewati bandara Gimpo. Perjalanan ke Pulau Jeju dengan pesawat kurang lebih 1 jam.

Saat itu cuaca di Korea Selatan dalam musim winter dan suhu udara berkisar -2ᵒ sd -6ᵒ.  Tapi untuk suhu di Pulau Jeju lebih hangat dari pada di Kota Seoul maupun kota lainnya.

Untuk kurs saat itu KRW 1 = Rp. 12,-

Sesampainya di Jeju International Airport setelah menanyakan transportasi yang akan kami gunakan menuju Hotel akhirnya kami menggunakan bus sesuai dengan nomor bus yang diberikan oleh petugas informasi.

Kesulitan selama di Korea Selatan adalah banyak tulisan / rute yang hanya di tulis dalam tulisan Hanggul sehingga pendatang/turis tidak mengerti artinya. Sedangkan banyak orang pada saat menanyakan rute tidak bisa membaca dalam tulisan latin/Inggris (tidak mengerti sama sekali) sehingga untuk membayar tiket/ongkos kami minta di tuliskan utk 2 dewasa dan 1 anak dalam tulisan Hanggul (karena kami pergi ber tiga).

Selama di Pulau Jeju kami menggunakan T Money sebagai alat bayar transportasi.




1. T Money
T Money adalah kartu prabayar transportasi yang ada di Korea Selatan dan bisa digunakan sebagai alat bayar untuk belanja di tempat-tempat yang ada  logo T money. T Money bisa dibeli di toko-toko seperti 7-Eleven, GS 25, toko-toko yang ada stiker T Money. T Money bisa di gunakan untuk membayar tiket Bus, Subway maupun Taxi.
T Money dapat dibeli dengan harga KRW 2.500 (yang merupakan deposit) dan kita dapat men top up sejumlah yang kita butuhkan. Sebelum kita meninggalkan negara Korea kita bisa mengembalikan Kartu tersebut di toko-toko spt yang ada di atas untuk mendapatkan refund atas uang deposit.
T Money dapat digunakan 1 kartu untuk membayar ongkos/tiket beberapa orang jika menggunakan bus. Tapi untuk menggunakan Subway di Seoul, diperlukan 1 kartu untuk 1 orang. (untuk lengkapnya bisa dilihat di http://english.visitkorea.or.kr/enu/TR/TR_EN_5_4.jsp).


2. Seogwipo-Si
Daerah ini berada di area bawah Pulau Jeju. Di daerah ini disarankan jika orang-orang ingin berjalan santai di pinggir pantai sambil melihat keindahan pantai. Selain itu kami berencana mencari lokasi Saeyon-Gyo (Bridge) yang cukup terkenal di Pulau Jeju. Untuk menuju lokasi ini kami harus melakukan perjalanan ke luar kota dari Kota Jeju karena kami menginap di Hotel yang areanya di kota Jeju (dekat dengan bandara).

Toko roti yg enak di seberang Jeju Intercity Bus Terminal

Dari Hotel kami menuju Jeju Intercity Bus Terminal setelah itu naik Bus yang menuju Seogwipo-Si dari dalam terminal (bus no.780), Perjalanan sekitar 1 jam melewati bukit (seperti daerah puncak kalau di Jakarta).
Perjalanan melalui puncak


Pemandangan gunung pada musim dingin


     
                                                                                

Perjalanan menuju Saeyon-Gyo (Bridge)

Istirahat sebentar di daerah dermaga 








Kembang yang banyak terlihat di daerah Seogwipo-Si





3. Saeyon-Gyo (Bridge)


























4. Seongsan Ilchulbong Peak (Seongsan Sunrise Park)
Daerah Seongsan berada di Timur Pulau. Untuk menuju ke tempat ini harus melakukan perjalanan ke luar kota lagi. Dari Jeju Intercity Bus Terminal untuk menuju lokasi naik bus no 700 atau 710 dari dalam terminal. namun disarankan naik bus no 710 karena tidak terlalu banyak halte yang dilewatinya dan berhenti, selain itu rutenya lewat puncak dan ranch kuda jadi kita bisa sambil melihat pemandangan pegunungan. Sedangkan bus no. 700 berhenti di banyak halte dan menyusuri pinggir pantai.
Untuk masuk ketempat ini harga tiket : KRW 2.000 utk dewasa KRW 1.000 utk anak-anak.






Dermaga Ferry utk menyebrang ke Pulau Udo

 Pulau Udo yang terkenal dengan pantainya
 



 Sambil perjalanan pulang menuju kota Jeju, kami makan mie di dekat halte kami turun waktu datang
harga Dumpling KRW 10.000 dam Mie KRW 5.000/porsi

 Sambil menunggu kami berjalan di pinggir pantai

Berfoto di kebun lobak/semacam bayam daunnya dan disana juga ada yg jualan Jeruk yang terkenal di Jeju

5. Yongduam (Dragon Head Rock)



6. Makanan dan Jajanan
Untuk jajanan khas Korea Selatan kami membelinya di Dongmun Market yang kebetulan tidak jauh dari Hotel kami tinggal. Harga jajanan ini rata-rata seharga KRW 500 dan di Jeju jajanan ini jauh lebih murah dari pada di Seoul. Di seoul jajanan seperti ini harganya bisa 3 kali lipat.

Lagi nyobain Odeng/Kkochi eomuk
Hotteok, Odeng 

Menu sehat Bibimbab dan Ayam Gingseng yang didampingi dengan Kimchi

27 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Tumpang tanya, gambar berlatar belakangkan bunga kuning canola tu di mana ya?
    Cantik sangatt...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Nur..maaf baru balas karena baru sempat buka blog saya...latar belakang bunga kuning ada di Jeju Island.. tidak jauh dari Seongsan Sunrise Park.

      Semoga bisa segera jaln-jalan kesana ya...dan terima kasih sudah membaca blog saya.

      Hapus
  3. cantik banget pemandangannya ya ;)

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. semoga postingannya bermanfaat untuk yang kepengan jalan-jalan

      Hapus
  5. Halo, saya berencana untuk ke jeju sendirin di bulan mei 2015. Dari beberapa blog yang saya baca, kebanyakan merekomendasikan untuk menyewa mobil karena transportasi yg sulit. Tapi saya ingin menggunakan public transportation. Apakah ada rute yg lain selain tempat2 di atas seperti teddy bear museum, seopkoji yg bisa dicapai dengan bus?dan menggunakan bus apa saja? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Fardini...untuk jalan-jalan di Jeju sebenarnya bisa menggunakan bus atau Taxi. Karena lokasi yang berpencar dan cukup jauh makanya banyak yg rekomendasi menyewa mobil. Lokasi tempat wisata bisa di satu sisi pulau maupun sisi pulau yg lainnya. Kalau memiliki waktu cukup bisa di planning untuk ber kunjung ke arah Timur, atau ke arah Barat, atau ke arah Selatan. Pilih saja dulu yang sangat pengen dikunjungi. Nanti naik bus dari terminal intercity. sebaiknya utk no bus utk ke lokasi tanyakan ke petugas hotel tempat menginap (krn disana kendala bahasa walaupun masyarakan disana ingin membantu). Seperti waktu ke Saeyon-Gyo (Bridge), setelah turun di halte yang diinformasikan supir bus, bisa naik bus kota ke halte pemberhentian terdekat, dilanjut dengan jalan kaki sedikit.
      Mudah-mudahan bisa menikmati liburannya ya...

      Hapus
  6. Haloo,, mba naik flight jam berapa yang ke jeju. mau estimasi waktu. saya ke korea naik garuda juga. makasi ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Lia...siapin saja waktu yg cukup....kalau gak salah ingat saya berangkat dari Jakarta hampir tengah malam...perjalanan ke Seoul sekitar 7 jam diudara...setelah di sampai di Incheon (bandara internasional) kita harus pindah ke bandara Gimpo (bandara domestik) yang jaraknya lumayan (seperti bandara Soekarno Hatta ke bandara Halim). Menuju bandara Gimpo bisa menggunakan bus atau kereta. Siapin saja waktu minimal 3-4 jam utk flight berikutnya. krn harus perhitungkan keluar antrian imigrasi, bagasi, dan membeli tiket kereta dan menuju stasiun kereta / menuju pemberhentian bus nya, maupun bertanya arahnya ke information.

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Mbak.info tempat wisata di jeju island yg cocok bagi kita yg membawa anak usia 4thn an donk (tkt kendala jln yg terjal,berbatu atau sebagainya)
    Thx before

    BalasHapus
  10. Mba mau tanya, saya rencana januari mau ke jeju. Apakah di jeju kalau naik bus ke tempat2 wisatanya mesti jalan jauh lagi atau naik taksi? Menurut pengalaman mba enakan tinggal di hotel dekat airport atau di seogwipo nya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mendingan cari hotel di tengah kota

      Hapus
    2. Tengah kota itu nama daerahnya apa ya mba? Thanks.

      Hapus
  11. Mba mau tanya, saya rencana januari mau ke jeju. Apakah di jeju kalau naik bus ke tempat2 wisatanya mesti jalan jauh lagi atau naik taksi? Menurut pengalaman mba enakan tinggal di hotel dekat airport atau di seogwipo nya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba Natalia maaf baru sempat balas postingannya. mau naik bus atau taksi tergantung kita sendiri sih...kalau pengalaman mwmang taksi enak begitu naik sampai di tempat tp gak tau arah dan gak bisa liat2 sekeliling. btw utk jarak di jeju lumayan jauh2..kan tekor di biaya juga. rata2 tempat wisata yg satu dan yg lainnya di luar kota. sebenarnya dari halte bus pun jaraknya tdk terlalu jauh.

      Hapus
  12. Mbk aku mau nanya, kalau langsung ke jeju tanpa harus ke seoul gmana caranya, soalnya visa aku gak di approve, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba Linda, yg pasti visa hrs di approve dulu.. kan sama saja mau ke Seoul atau ke Jeju. visa nya sama

      Hapus
    2. Setahu saya wisata ke jeju bebas visa mbak. Dengan bebas visa ini mbaknya bisa membeli tiket dengan rute JAKARTA-HONGKONG-JEJU atau juga bisa membeli tiket dengan rute JAKARTA-BANGKOK-JEJU, karena untuk penerbangan JAKARTA-JEJU belum tersedia.

      Hapus
  13. Untuk ke jeju apakah kita harus booking hotel terlebih dahulu mbak. Atau bisa booking hotel setelah sampai dijeju. Terima Kasih

    BalasHapus
  14. Maaf sebelumnya saya mau tanya. Kepulau jeju untuk saat ini masih bebas visa gak ya? Karna visa korea saya ditolak. Saya ada rencana ke jeju aja. Mohon info bantuan nya.
    Terimakasih

    BalasHapus
  15. Maaf sebelumnya saya mau tanya. Kepulau jeju untuk saat ini masih bebas visa gak ya? Karna visa korea saya ditolak. Saya ada rencana ke jeju aja. Mohon info bantuan nya.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://javamilk.com/panduan-jalan-ke-korea-selatan/jeju-island/


      info ini mungkin bisa membantu ya :)

      Hapus
  16. Artikelnya kereen Sist...tq you so much..

    Insya Allah tgl 15 Oktober 2018 aku ke Jeju...sekarang ke Jeju bebas visa dan kali ini aku via KL langsung ke Jeju sekitar 5jam

    Mgk ada orang indo disana... ini no wa ku +6281990054999 kali aja mau di bawain makanan Indo..hehe

    BalasHapus