Jumat, 13 Desember 2013

PERSIAPAN JALAN-JALAN

Bulan Desember 2013 sudah tiba. Menjelang akhir tahun pastinya sudah banyak yang merencanakan perjalanan liburan baik di dalam negeri maupun luar negeri. Untuk yang sudah sering berpergian mungkin sudah tahu apa saja yang harus dipersiapkan, tapi bagi yang baru dan berpergian tanpa jenggunakan jasa tour mungkin tulisan ini bisa membantu mengingatkan. Barang-barang yang harus dipersiapkan :

1. Uang
Siapkan mata uang negara yang akan dikunjungi sesuai dengan kebutuhan selama tinggal/berlibur disana (secukupnya) yang akan digunakan untuk transport, makan, tiket masuk tempat wisata yang akan dikunjungi, dan berbelanja. Untuk berjaga-jaga sebaiknya siapkan persediaan dalam mata uang USD. Credit card maupun ATM bisa dipergunakan untuk berjaga-jaga.

2. Passport
Siapkan pasport, apakah masih berlaku atau sudah harus diperpanjang. Minimal 6 bulan sebelum jatuh tempo passport masih bisa diterima.

3. Visa
Ajukan Visa ke Kedutaan Negara yang akan dikunjungi, jika peraturan di negara tsb mengharuskan menggunakan visa.

4. Coat

5. Syal

6. Sarung Tangan

7. Kaos Kaki

8. Topi

9. Long John

10. Celana Panjang
Bawa secukupnya selama perjalanan.

11. Baju Lengan Panjang/Sweter
Baju lengan panjang dgn turtle neck/sweter wajib dibawa jika negara yang akan dikunjungi sedang dalam musim dingin.

12. Kaca Mata Hitam

13. Pakaian Dalam

14. Kamera
Kamera wajib dibawa saat perjalanan untuk mengabadikan moment menarik.

15. Charger
Jangan lupa bawa Charger kamera maupun  HP anda. Jangan sampai batrai habis pada saat ada lokasi yang menarik untuk berfoto.

16. Handuk

17. Colokan kaki 3

18. Tumbler
Sebaiknya siapkan air minum juga diperlukan pada saat kita traveling agar kulit tidak dehidrasi. Dan bisa diisi di public water jika habis.

19. Payung dan Jas Hujan
Tidak ada salahnya mempersiapkan payung lipat dan jas hujan (poncho) karena selama musim liburan pun negara yang dikunjungin pasti mengalami perubahan cuaca. Dan selama saya berpergian ke luar negeri maupun dalam negeri, kedua nya selalu dipakai.

20. Sambel dan Kecap
Sambel dan kecap bisa di bawa dalam kemasan sachet atau botol kecil dan di masukkan dalam koper. Karena tidak semua negara rasa makanannya cocok dengan lidah/selera kita.

21. Tissue basah
Ada baiknya sediakan tissue basah di tas terutama bagi wanita, karena tidak semua negara di toiletnya menyediakan shower.


22. Obat-obatan pribadi


23. Sepatu
Gunakan sepatu yang nyaman seperti sepatu kets. Untuk negara yang dikunjungin pada musim dingin sebaiknya gunakan boot.

24. Handbody dan Lipgloss
Untuk negara yang sedang musim dingin, jangan lupa bawa handbody dan lipgloss utk menjaga kelembaban kulit kita (agar tidak kering dan pecah-pecah).


25. Peralatan mandi
Sebaiknya dalam berpergian agar disiapkan peralatan madi, terutama sikat gigi dan odol, karena tidak semua hotel menyediakannya. Untuk sabun mandi tidak usah khawatir karena semua hotel dan apartemen rata-rata menyediakan sabun mandi.

26. Counterpain
Ini penting sekali jika kita seharian berjalan mengunjungi tempat2 wisata, setelah kembali ke hotel pastinya kaki kita capek sekali. Nah...ini sangat bermanfaat sekali, sehingga kita bisa tidur dengan nyenyak dan segar pada keesokan hari untuk melanjutkan perjalanan kita.


27. Sendal kamar
Untuk negara2 yang ada 4 musim, terutama musim dingin kita memerlukan sandal kamar karena tidak semua kamar hotel atau apartemen menyediakan sendal kamar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar