Selasa, 22 Januari 2013

ROMA, ITALY

ROMA, ITALY

Setelah perjalanan yang cukup melelahkan, keluar dari Negara Israel melanjutkan perjalanan ke Eropa. Dari Negara Israel menuju bandara di Jordan, menuju ke Roma menggunakan Royal Jordan Air, yang transit ke Bandara Cairo untuk berganti pesawat dengan Alitalia Air.

 Di ruang transit bandara Cairo
 Royal Jordan Air

Setibanya di Fumicino Airport, untuk ke tengah kota kita bisa menggunakan Terravision Bus (di Jakarta di sebut Damri, transportasi dari/ke bandara) dengan biaya sekali jalan EUR 4.00/orang. Selain itu bisa menggunakan Alitalia Bus untuk yang menggunakan pesawat Air France Group (di Jakarta seperti Bus Garuda). Untuk Alitalia Bus biaya sekali jalan EUR 4.00/orang.
Rute Terravision Bus & Alitalia Bus adalah dari Fumicino Airport ke  Stasiun Termini (Rome City Centre). Termini Stasiun merupakan stasiun kereta utama di Roma, selain dari kereta antar kota di Italy, disini juga ada kereta cepat antar negara Eropa.

Di area sekitar Stasiun Termini, banyak hotel dan apartemen yang di sewakan kepada turis. Jika anda ingin tinggal di apartemen selama di Roma sebaiknya disiapkan jauh hari sebelum keberangkatan. Di sekitar Stasiun Termini terdapat pasar dan jika diperlukan sekali disana ada warnet yang dapat kita sewa seperti di Jakarta dengan biaya cukup murah (kalau gak salah EUR 0.50/jam). Dan ada Tram yang dapat kita gunakan jika kita tinggal di hotel/apartemen yang dilalui rute Tram.

Untuk dapat mengelilingi tempat wisata di Roma dan Vatican, kita dapat menggunakan Double Decker yang start awalnya berada di Stasiun Termini. Tiket bisa dibeli di toko yang berada di sekitar Stasiun Termini yang ada sticker/bannernya atau di dekat lokasi pemberhentian bus (dgn kata lain tempat ngetem bus) ada petugas dengan jaket dari masing-masing merek Bus nya (di Jakarta seperti Cipaganti / Citi Trans / Xtrans). Tiket ada yang untuk 1 hari / 2 hari / 3 hari, bisa dibeli sesuai dengan yang kita inginkan. Yang pasti untuk berkeliling kita gak cukup 1 hari.

Kebetulan saya membeli tiket bus “ROMA CRISTIANA” untuk 3 hari dengan harga EUR 21.00/orang (itu krn ada disc, normal tiket utk 3 hari EUR 25.00). sedangkan tiket untuk 1 hari adalah EUR 19.00/orang.
Rute pemberhentiannya ada 12 titik, yaitu :

1. San Pietro in Vaticano  
2. Piazza Navona S. Agnese in Agone 
3. Pantheon Santa Maria ad Martyres
4. Santa Maria in Aracoeli (Piazza Venesia)
5. Santa Maria degli Angeli  
6. Stazione Termini  
7. Santa Maria Maggiore  
8. San Giovanni  
9. Colosseo S Gregorio al Celio 
10. Circo Massimo S. Sabina all’Aventino  
11. San Bartolomeo all’isola Tiberina (Piazza di Monte Savello)  
12. Compo de’ Fiori S. Maria in Trastevere

Tempat-tempat yang sempat saya kunjungi :

VATICAN
 Gedung San Pietro
Halaman San Pietro

 Mimbar di dalam San Pietro
 Para Penjaga di San Pietro
 Langit-langit di dalam San Pietro


PIAZZA NAVONA 





PIAZZA VENESIA


FONTANA DI TREVI
Dari Piazza Venesia kita bisa berjalan kaki menuju Fontana di Trevi




COLOSSEO 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar