Sabtu, 03 Juli 2010

KAWAH PUTIH , CIWIDEY





Acara liburan sekolah, setelah mengunjungi Taman Safari Indonesia, berlanjut dengan mengunjungi Kawah Putih. Kawah Putih berada di daerah Bandung. Bila dari arah Jakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi dapat melalui tol Cipularang, keluar di pintu tol Kopo / Soreang. Dari pintu tol Kopo, menuju arah Ciwidey yang jaraknya +/- 27 km. Menuju Ciwidey melalui pusat Ibu Kota Provinsi Bandung yaitu Soreang.
Perjalanan di Ciwidey hampir seperti perjalanan ke Puncak, berbelok-belok, Cuma bedanya di kiri kanan jalan baik itu restauran, kebun maupun rumah pribadi menanam pohon Strawberi. Jika sedang musimnya banyak orang yang berkunjung dan berhenti membeli strawberi yang dipetik sendiri.

Untuk yang tidak sempat memetik sendiri, dapat membeli strawberi yang sudah dikotakkan oleh penjual di sepanjang jalan. Harga strawberi yang ditawarkan adalah Rp.10.000,- perkotak, adayang isinya besar-besar ataupun yang agak kecil. Untuk yang isinya agak kecil lebih banyak dari yang isinya besar, tapi harga tidak beda. Harga tersebut dapat kita tawar tergantung pintar-pintarnya kita tawar.

Perjalanan menuju Kawah Putih yang lokasinya berada di gunung Pattuha, memerlukan waktu +/- 15-30 menit menuju lokasi. Pada pintu masuk Kawah Putih, kita dapat naik dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan kendaraan umum (ontang anting) yang ada di lokasi. Tiket masuk dibedakan menjadi 2 paket, yaitu paket A dan paket B.


Naik Kendaraan Ontang Anting

Paket A dengan menggunakan kendaraan pribadi dan harga juga tergantung jumlah orang (kemarin kesana dengan jumlah 7 orang dan kendaraan pribadi jika mengambil paket A dikenakan harga +/- Rp.245.000,-).

untuk th 2013 harga tiket masuk kendaraan pribadi adalah Rp.150.000,- dan per orang dikenakan Rp.17.000,-

Paket B, kendaraan pribadi di parkir di area parkir, dan kita naik ke kawah dengan menggunakan kendaraan ontang anting. Harga perorang dikenakan Rp.25.000,- (th 2013 masih tetap sama) utk pulang pergi. Kapasitas kendaraan tsb adalah untuk 14 orang (seperti omprengan umum). Jika jumlah kita sedikit akan digabung dengan penumpang lain sampai jumlahnya mencukupi. Kita ditunggu sampai selesai dan puas melihat-lihat kawah Putih yang airnya mengandung belerang, baru kita diantar kembali ke area parkir di bawah.

omprengan/angkot ke atas





Kabut Di Kawah Putih

Melihat curamnya jalanan ke lokasi Kawah, dan juga lebarnya jalanan yang sebenarnya hanya diperuntukkan untuk 1 mobil, paket B menurut saya lebih ekonomis, karena dengan menggunakan kendaraan ontang anting, supirnya sudah mengenal medan lokasi dibandingkan kita.


ATV

Sekembali dari kawah, anak-anak dapat bermain ATV di area parkir dengan harga Rp.50.000,- perorang dengan lintasan pinggiran hutan yang ada tandanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar