Rabu, 04 Juli 2018

BRISBANE - AUSTRALIA

Part 1 - Brisbane

Note : $ (dalam dollar Australia / AUD)

Kali ini liburan akhirnya ke Australia. Setelah akhir tahun kemarin tidak di setujuin untuk cuti  dengan alasan pekerjaan, akhirnya sisa cuti tahun 2017 di setujuin untuk dilaksanakan bulan Juli ini.

Awalnya tujuan liburan kali ini bukan ke Australia tapi ada beberapa pilihan sebenarnya yang pengen saya jalanin yaitu : Turki, Yunani, London dan Eropa (Swiss, Jerman dan Austria). Namun karena mendadak kurs melambung dan beberapa hal pertimbangan seperti pengajuan visa (yg tdk bisa diwakilkan & waktunya), tempat-tempat yang akan dikunjungi, tiket pesawat dll, setelah diskusi dengan keluarga maka liburan kali ini ke Australia. Di Australia kami akan mengunjungi 4 kota yaitu dimulai dari Briabane, Gold Coast, Sydney dan Melbourne.

Saya berakat bersama anak, ibu dan adik saya. Yang juga bertepatan dengan libur sekolah anak. Dan seperti biasa kami baru bisa prepare setelah cuti disetujui (waktunya mepet). Apalagi pas menjelang libur panjang menjelang. Setelah mendapatkan ijin cuti, kami segera memesan tiket pesawat dan mengajukan visa Australia. Setelah lengkap dokumen kami ajukan visa, pada saat pengumuman libur lebaran ditambah oleh pemerintah....Oh My God.. Sempat jantungan juga...karena tiket kami pesan seminggu setelah libur lebaran (awal Juli). Untungnya dari kedutaan bilang mereka libur pas lebaran saja (tidak mengikuti liburan lebaran), jadi permohonan visa  kami tetap di proses.

Thanks God...setelah hari Jumat kami masukin dokumen, Rabu siang kami sudah mendapatkan email visa dari kedutaan (3 hari) untuk masa 3 tahun. Setalah itu mulai sibuk mencari apartemen/hotel yang akan kami gunakan dan membuat list yang akan kami kunjungi.

Akhirnya seminggu setelah libur panjang Lebaran, kami berangkat jumat malam pas akhir bulan dan pekerjaan sedang lucu lucunya😁 alias banyak..untung perjalanan ke bandara lancar. Pesawat transit di Kuala Lumpur lewat tengah malam. Penerbangan dari Jakarta-Kuala Lumpur sekitar 2 jam. Dan dilanjutakan pada pagi hari dari Kuala Lumpur-Brisbane yang penerbangan ditempuh selama 8 jam. Selisih waktu antara Jakarta dan di brisbane adalah 3 jam lebih dulu di Brisbane.

Transit di Kuala Lumpur dengan penerbangan Malaysia Air (bukan budget air lhoooo..😁😁)

Cuaca cerah pada saat penerbangan pagi hari

Suka banget dengan ice cream yang disediakan di pesawat..mmm yummy...

Sampai di Brisbane foto dulu dong di bandaranya. Kami di Brisbane cuma transit 1 malam sebelum melanjutkan perjalanan ke Gold Coast.

Jalan-jalan pada malam hari di "Queen Street Mall" sambil melihat-lihat kota Brisbane sekalian mencari makan malam.

Pemandangan malam hari dari kamar hotel mengarah langsung ke South Bank Parkland. Terlihat dari kamar hotel "The Old Windmill Brisbane". Kami menginap di Mercure Hotel. Kami memilih hotel ini karena di pusat kota dan menyediakan kamar yg bisa digunakan untuk 4 orang dalam 1 kamar. Pagi hari kami jalan-jalan melihat kota Brisbane. Sebelum jalan kami check out hotel dan menitipkan koper kami di hotel, karena  sore hari kami akan menuju Gold Coast dengan menggunakan kereta.

Jalan menuju dermaga di pinggir sungai. Jalanan pinggir sungai digunakan juga untuk yang menggunakan sepeda, baik yg olah raga maupun yg bekerja menggunakan sepeda (Brisbane River Floating Walkway).

Jembatan dermaga.

Ruang tunggu dermaga

Kami akan menaiki ferry "Red City Hopper. Naik hopper ini gratis dan beroperasi ke seluruh pusat kota dari dan ke South Bank. Selain turis banyak penduduk yg juga menggunakan ferry ini sebagai transportasi sehari-hari. City Hopper yang akan kami naiki sudah tiba.

Setelah puas keliling sungai dengan menggunakan kapal ferry gratis (Red City Hopper) Kami turun di dermaga South Bank 3 dan berjalan sepanjang pinggir sungai menuju bianglala.

Foto dulu di rumput yg dapat digunakan utk bersantai atau piknik di pinggir sungai dengan pemandangan jembatan Brisbane.

Berfoto di South Bank Parklands biar afdol 😁

Kolam renang untuk umum di South Bank Parklands. Di saat weekend banyak keluarga yang membawa anaknya ke tempat ini untuk bermain.

Pantai buatan (Street Beach) di South Bank Parklands dapat digunakan untuk umum. Biarpun sedang musim dingin banyak anak2 yang main di pantai ini pada saat libur sekolah/weekend bersama orangtuanya. Jangan salah lho..di sini dijaga juga dengan life guard

Di area parkland ada juga bazar barang-barang yang kita bisa lihat dan juga tempat makan.

Keramaian di area tenda bazar

Sambil jalan disepanjang Parkland melewati "The Old Windmill Brisbane". Biar afdol foto lagi dong.....

Sambil istirahat di kursi taman, foto dulu di icon Brisbane yang lokasinyabtdk jauh dari 1The Old Windmill Brisbane" .

Jembatan dengan jalur khusus pejalan kaki setelah kami mengunjungi Museum

Sebelum menuju stasiun untuk melanjutkan perjalanan ke Gold Coast kami mampir "City Hall" melihat keramaian/bazar pada saat weekend.