Sabtu, 30 Juni 2018

Kalimantan Tengah

Kali ini perjalanan ke Kalimantan Tengah. Tepatnya ke kota Palangkaraya (ibu kota Kalimantan Tengah). Perjalanan kali ini buka untuk liburan / jalan-jalan, tapi untuk mengunjungi 6 gereja yg masih dalam pembangunan. Rombongan yg datang dari Jakarta terdiri 6 orang.

Kami berangkat menuju Palangkaraya hari kamis malam, karena hari Jumatnya libur Nasional (long weekend). 1 orang dari rombongan sudah berangkat pada pagi hari. Sedangkan 5 orang berangkat pada jam dan pesawat yang sama. Kebayang dong...menuju bandara Soetta macetnya....berhubung saya dan teman saya (kami ber 2) harus kerja dulu sebelumnya.

Kami menggunakan 2 mobil. Perjalan dari Palangkaraya ke Kab. Gunung Mas ditempuh sekitar 3,5 jam dgn kondisi jalanan lancar ya (bukan seperti Jakarta yg macet). Setelah perjalanan yg melelahkan hari sebelumnya dan sebelum menuju ke tempat berikutnya yg akan dikunjungi, kami keliling sekitar tengah kota Kab. Gunung Mas. Disini terkenal dengan tambang emasnya....kami sempat berfoto-foto di beberapa tempat yg kami anggap menarik.

Foto di tengah kota Kabupaten Gunung Mas

Patung dengan pakaian adat Kalimantan Tengah

Risma yang lagi senang bisa loncat di tengah jalan raya

Foto di Jembatan Batu Mahasur. Kalau di Jakarta mana bisa foto di tengah-tengah jalanan seperti ini...hehehe....

Mumpung ada waktu mampir dulu ke Air Terjun Batu Mahasur. Tiket masuk yg dikenakan Rp.10.000 / org.

Risma siap-siap loncat

Tetap foto sebelum loncat

Setelah refreshing singkat, Jam 12 siang kami berangkat menuju Desa Tumbang Sirat yang lokasinya lumayan jauh, berada di Hulu Sungai Kapuas.
Perjalan menuju Desa Tumbang Sirat.....off road....baru 1 th ini pemerinta membuka akses jalan , sebelumnya jalan kecil di tengah-tengah hutan
Gereja di Desa Tumbang Sirat yang masih bangunan kayu. Di desa ini listrik blm masuk. Untuk penerangan masyarakat menggunan lilin atau genset.
Foto dulu di hulu sungai Kapuas yang lokasinya di belakang gereja yg kami kunjungi. Pulang dari sana langsung pulang ke Palangkaraya, sampai jam 2.30 pagi.

Ke esokan harinya setelah mengunjungi 1 gereja lagi sekalian ibadah hari minggu, kami mampor di Pasuk Kameluh untuk foto bahwa kami sudah ke Palangkaraya ya..😁😁
(Niat bener yah....)
karena saya dan Mila harus pulang ke Jakarta untuk tugas negara hari senin (harus ngantorrrrr....krn sudah menjelang libur lebaran )
Sebelum ke bandara kita mampir minum kelapa muda dulu...seger..diantar om junidi& pak pendeta