Jumat, 02 Juni 2023

Persiapan Jalan Jalan Ke Korea Selatan

Kali ini perjalanan ke Korea Selatan. Sebelumnya tidak ada planning untuk jalan-jalan ke Korea Selatan lagi, karena ada beberapa negara yang menjadi list wisata saya.  

Setelah selesai pandemi ternyata anak saya ikut Program  Exchange dari kampusnya. Rencana saya akan jalan ke beberapa kota di Korea Selatan pada saat menjemput anak.

Beberapa hal yang perlu diketahui jika mau jalan-jalan ke Korea Selatan atau ke Luar Negeri.


SIM CARD
Sebelum berpergian sebaiknya kita cek apakah kita butuh layanan telp/internet selama di LN. 

Pada dasarnya di negara-negara maju sudah banyak fasilitas Public Wifi yang dapat digunakan pelancong. Baik itu di bandara, bus, kereta cepat, halte, dll. Bisa dilihat dari tanda/tulisan bahwa di lokasi tersebut ada Public Wifi.

Tapi bagi saya pribadi butuh paket internet untuk komunikasi dengan keluarga, pekerjaan, untuk aplikasi Map selama berada di Korea/LN, selain itu bisa teatring bersama keluarga. Dan pada saat menggunakan Mbanking di LN juga lebih aman karena akses jaringannya bukan Public.

Kita dapat membeli paket internet di e-Commers yang ada di Indonesia, sebelum membeli sebaiknya tanya-tanya dulu apa sesuai apa yang kita butuhkan. Bisa juga beli paket internet di Indonesia, ambil Sim Card nya di Bandara Seoul. Bisa juga membeli di mesin sim card. Untuk waktunya tergantung kebutuhan kita.


KERETA
Ada beberapa jenis kereta yang bisa digunakan untuk perjalanan antar Kota. Untuk pagi hari masih banyak ITX yang beroperasi. Kalau sudah siang kebanyakan jadwal kereta KTX , sedangkan SRT tidak terlalu banyak jadwalnya.

Untuk tiket kereta bisa dibeli di Loket ataupun di mesin tiket. 


BUS ANTAR KOTA
Untuk diketahui ada 3 jenis Bus antar kota di Korea Selatan yaitu :
1. Premium : bangku di satu baris hanya  2-1 (bisa dimundurin jika mau tidur), space kaki lega, ada meja, tv di tiap kursi, tempat charge hp, tirai pembatas dengan penumpang di samping (layaknya kelas bisnis di pesawat)
2. Excellent :bangku di satu baris hanya  2-1 (bisa dimundurin jika mau tidur), space kaki lega, ada tempat charger hp.
3. Ekonomic : bangku di satu baris 2-2
    

Bus Premium : 
kursi bisa di mundurin, ada TV, tempat charger, lampu baca, meja kecil....layaknya kelas Bussiness di pesawat.

Bus Excellent : 
space kaki lega, ada charger hp, kursi bisa dimundurin



Bus Ekonomi :
memiliki 4 kursi di satu barisnya (2 di kiri dan 2 di kanan)

Yang pasti harga tiket yang satu dengan yang lainnya berbeda. contohnya saya beli tiket Bus Ekonomi dari Gwangju ke Jeonju dengan harga 11.000 Won per orang, pulangnya kalau ambil Bus Ekonomi harganya sama juga, namun saya untuk tiket Jeonju ke Gwangju membeli tiket Bus Excellent dengan harga 14.300 Won per orang.

BUS DALAM KOTA
Untuk diketahui bahwa ada 4 jenis yang ada di dalam kota Gwangju, dilihat dari warnanya, yaitu :
1. Bus Warna Merah : bus express
2. Bus Warna Kuning : bus standard
3. Bus Warna Hijau : bus desa
4. Bus Warna Ungu : bus pinggiran kota
Untuk ongkos bus KRW 1.200, untuk express KRW 3.800
Setiap kota berbeda-beda untuk warnanya, yang sama untui Bus Warna Merah yaitu express, rutenya agak jauh dan tidak banyak berhenti pada halte (hanya beberapa halte di area tujuan saja).

T MONEY
Pembayaran di korea kebanyakan di lakukan secara cashless. T Money adalah kartu yang dapat digunakan untuk pembayaran baik di convinion store, transportasi, dll. 

Untuk transportasi sendiri di Korea sejak tgl 01 Maret 2023 diberlakukan cashless. Jadi kalau kita naik bus tidak terima pembayaran cash lagi.

Jadi jika kita jalan sendiri tanpa menggunakan Tour, sebaiknya beli T Money begitu sampai di Korea. Kartu bisa dibeli maupun di top up di convinion store yang ada, seperti CU, GS25, emart, dll. Bisa juga di mesin kartu yang ada di bandara maupun stasiun.

T Money


 
Bus Reguler dalam kota

Bus listrik

Tarif bus reguler

Tarif bus Ekspress

AIRPORT BUS
Airport Bus dapat digunakan dari atau menuju bandara. Menurut saya sih lebih enak karena Airport Bus ini berhenti di depan hotel saya. Jadi saya tidak repot dengan bagasi. Kalau naik kereta bandara saya harus jalan lumayan ke subway dan pindah ke jalur Arex di Seoul Station.
Biaya Airport Bus 17.000 won per orang dari area Myongdong. Kebetulan saya nginap di hotel yang berada di Myongdong.
LAUNDRY
Jika kita mau mencuci baju, bisa menggunakan laundy yang ada disekitar. Biasanya laudry dilakukan sendiri, tidak ada petugas yang menunggui atau melayani.

Biaya laundry untuk wash 5.000 won dan untuk dry 5.000 won. Ukuran kapasitas mesinnya bisa 15-20 kg. Mesin laundry menggunakan uang koin. Jika kita tidak ada uang koin dapat menukarnya di mesin penukaran uang yang ada di ruangan. Sedangkan untuk sabun cuci bisa dibeli di mesin dengan harga 1.000 won.

Untuk hotel di Korea sebagian ada yang menyediakan ruang Laundry, setrika dan memanaskan makan dengan microwave yang dapat digunakan oleh customernya.


Mesin Wash and Dry..perhatikan tulisan jenis mesinnya sebelum menggunakan

Mesin detergent

KARTU ATM DAN CREDIT CARD VISA
Sebaiknya bila berpergian gak usah terlalu banyak bawa cash. Cukup membawa secukupnya saja, karena pembayaran disana bisa cashless dengan menggunakan ATM/Kartu Debit Mastercard atau Kartu Kredit. Tapi sebelumnya cek dulu jenis dan kartu debit bank di negara kita yang bisa dipakai di LN. Sebelum berangkat buka aksesnya untuk transaksi di negara mana yang akan di kunjungi melalui Mbanking.


Selain itu jika butuh cash di Korea, kita bisa tarik kartu debit di ATM yg bertuliskam Global Banking.

ASURANSI PERJALANAN
Untuk Asuransi perjalanan tergantung berapa lama perjalanan kita, mau pakai asuransi atau tidak tergantung kita sendiri merasa perlu atau tidaknya. Tapi saya pribadi sangat perlu karena jika terjadi sesuatu di LN kita bisa mendapatkan bantuan/klaim asuransi tersebut. Terlebih lagi, beberapa kali pengalaman perjalanan saya harus memanggil dokter karena keluarga yang memerlukan pengobatan. Biasanya dokter akan melakukan visit ke hotel tempat kita menginap. 


Untuk perjalanan saya biasa menggunakan Assist Card...bukan promosi lho...banyak asuransi perjalanan lainnya yang dapat digunakan. Pembayarannya menggunakan kurs USD, harganya tergantung dari berapa lama perjalanan. Untuk saat ini jika membutuhkan bantuan sudah ada aplikasinya yang bisa digunakan.

Dokter akan dihubungi oleh CS Asuransi dan akan kita akan diinfo dokter akan datang sekitar jam berapa. Untuk visit kita tidak perlu mengeluarkan biaya, kecuali ada resep obat yang harus di tebus dan biaya obat bisa di klaim pada saat kita kembali ke negara kira. Kalaupun tidak ada dokter visit, maka pihak asuransi akan mengarahkan kita ke klinik yang terdekat dari lokasi kita tinggal, untuk biaya kita bayarkan dulu baru di klaim ke pihak asuransi.

REFUND TAX
Apabila kita belanja di toko dengan nilai 30.000 Won atau lebih bisa minta refund tax. Kita bisa tunjukin passport yang akan dibuatkan nota untuk klaimnya. 
Mesin Scan  untuk mendata Tax Refund

Tax Refund dapat di data terlebih dahulu di mesin Tax Refund sebelum masuk ke pintu keberangkatan. Scan passport dan scan nota-nota Tax Refund dari toko tempat kita belanja, nanti akan muncul total biaya Refund kita. 

Untuk pencairan klaim nya dapat dilakukan di mesin Tax Refund setelah melewati imigrasi. Lokasinya setelah melewati pintu pemeriksaan imigrasi belok kiri.

Mesin Klaim Tax Refund, bisa tunai atau transfer, jumlah refund sesuai dara yang di scan awal.

Ada beberapa toko di Korea yang yang refund taxnya langsung di potong dari jumlah pembayaran. Contohnya di toko kosmetik Olive Young.


APLIKASI YANG BISA DIGUNAKAN DI KOREA
1. NAVER MAP
Untuk yang melakukanperjalanan sendiri, Naver Map hanya bisa digunakan di Korea Selatan. Dari melihat rute lokasi, kendaraan yang akan kita gunakan (seperti no bus yang bisa kita gunakan dan lokasi halte) sampai estimasi kendaraan tersebut datang.
Untuk Google Map di Korea Selatan agak susah di gunakan.

2. PAPAGO
Fungsinya seperti Google translate, namun translate bisa dilakukan dengan menggunakan suara atau foto. Dan bisa translate dari tulisan Hangul ke tulisan latin.

3. KAKAO MAP
Ini aplikasi Map yang bisa digunakan juga seperti Naver Map, dan bisa di share ke teman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar